Mari Mengenal Anak Luar Biasa

Mari Mengenal Anak Luar Biasa
Oleh Nurul Fatma Hudha
Bagian 1

1.Siapakah  sajakah yang dapat disebut Anak Luar Biasa ?
A.Istilah
Anak luar biasa diartikan sebagai anak yang memiliki fisik,mental,emoasi,sosial, atau gabungan dari kelainan tersebut yang sifatnya sedeikian rupa sehingga memerlukan layanan pendidikan secara khusus.
Di dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) yang terbaru,peristilahan Pendidikan Luar Biasa telah diganti dengan Pendidikan Khusus.Ini mengandung konsekuensi terhadap penggunaan istilah baik kelembagaan maupun subyek peserta didik. Demikian pula dengan wacana yang berkembang secara internasional tentang peristilahan anak luar biasa,yang dewasa ini sering disebut dengan istilah special needs educational children atau anak dengan kebutuhan pendidikan khusus.

B.Jenis Anak Luar Biasa
Jenis anak luar biasa yang ada di Indonesia terdiri dari :

  • Tuna Netra ( bagian A)
  • Tuna Rungu ( bagian B)
  • Tuna Grahita (bagian C)
  • Tuna Daksa ( bagian D)
  • Tuna Laras ( bagian E)
  • Anak berbakat (bagian F)
  • Tuna Ganda ( bagian G)
  • Kelainan Autisme
C.Faktor Penyebab dan Waktu terjadinya Keluarbiasaan

  • faktor keturunan ( hereditas),yaitu bawaan dari turunan/orangtua
  • faktor sebelum lahir ( prenatal),yaitu ketika dalam kandungan keracunan,kekurangan gizi,terkena infeksi,atau waktu hamil ibu mengalami suatu penyakit kronis.
  • Faktor ketika lahir (natal),yaitu disebabkan persalinan yang lama sehingga kehabisan cairan atau saat persalinan dibantu dengan alat sehingga ada syaraf bayi yang terganggu.
  • faktor sesudah lahir ( post natal),yaitu disebabkan oleh suatu kecelakaan ,salah obat ataupun sakit.
D.Bagaimana cara menangin /melayani anak luar biasa yang terdapat di Sekolah Dasar Umum ?
Dalam memberikan layanan pendidik tidak terlepas dari yang namanya kurikulum.Kurikulum sebagai pedoman bagi sekolah,Kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan tugasnya.Kurikulum di sekolah dasar umum berbeda dengan kurikulum untuk sekolah luar biasa.
Guru pada sekolah dasar umum banyak yang tidak menguasai dan memahami bagaimana cara menangin / melayani anak luar biasa yang terdapat di sekolah, sehingga seringkali memberikan saran kepada orangtua disarankan untuk menyekolahkan anaknya di sekolah khusus seperti SLB,karena disana kurikulumnya sudah disesuaikan dengan kebtuhan anak luar biasa.Tetapi orangtua menganggap anaknya akan lebih berkembang jika disekolakan di sekolah umum.Pada akhirnya guru hanya mampu memberikan pelayanan seadaan kepada anak-anak tersebut  yang mencakup kemampuan :

  • merawat diri
  • mengurus diri
  • menolong diri
  • komunikasi
  • dan sosialisasi


lanjutannya minggu depan,ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBELAJARAN MENDALAM DENGAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK FASE A (KELAS 1 DAN 2 )