KURIKULUM 2013
Perangkat Pembelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)

TEMA 6 : ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN


Nama Sekolah           :  SDN CILANGKAP 3
Kelas / Semester : V / 2

Nama Guru : NURUL FATMA HUDHA,S.Pd SD
NIP / NIK : 197110012005012011


Depok Januari 2015


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan : SDN CILANGKAP 3
Kelas / Semester : V / 2
Tema 5 : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Sub Tema 1 : Tubuh Manusia
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : (6 x 35 menit) 1 x Pertemuan


A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) :
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Indikator:
Membaca teks mengenai anggota tubuh manusia dan hewan, beserta fungsinya.
Mengidentifikasi anggota tubuh manusia dan hewan, beserta fungsinya, berdasarkan teks yang di baca.


Kompetensi Dasar (KD) :
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Indikator:
Menulis ulang mengenai anggota tubuh manusia dan hewan, beserta fungsinya, berdasarkan teks yang dibaca.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD) :
3.6 Menentukan hubungan antar satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi).

Indikator:
Memahami kesetaraan antar satuan kuantitas (rim, lusin, kodi).

Kompetensi Dasar (KD) :
4.13 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata seharihari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya.

Indikator:
Menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep antarsatuan kuantitas.


C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyebutkan nama-nama anggota tubuh manusia dengat teliti.
Dengan menggali informasi dari teks “Nama Anggota Tubuh Manusia”, siswa mampu menyebutkan anggota tubuh manusia dengan rasa ingin tahu.
Dengan mengisi tabel nama-nama anggota tubuh manusia, siswa mampu menuliskan fungsi setiap anggota tubuh manusia dengan cermat.
Dengan menyelesaikan soal cerita yang melibatkan operasi hitung satuan kuantitas, siswa mampu menyelesaikan masalah sederhana dengan mandiri.

D. MATERI PEMBELAJARAN
Mengamati gambar dan melakukan diskusi untuk menyebutkan nama-nama anggota tubuh manusia
Menggali informasi dari teks “Nama Anggota Tubuh Manusia”
Mencermati tabel nama-nama anggota tubuh manusia dan menyebutkan fungsinya
Berlatih menyelesaikan soal cerita dan memecahkan masalah sederhana yang melibatkan satuan kuantitas

E. PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Tubuh Manusia”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
15 menit
Inti Kegiatan dimulai dengan mengkomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
Siswa membaca cerita pengantar pembelajaran, kemudian mengamati gambar “Bagian Tubuh Kita”.
Gambar ini merupakan stimulus supaya siswa  mengenal setiap bagian tubuhnya
Siswa mencermati setiap bagian yang terdapat pada gambar dan mencatat setiap informasi yang diperoleh dari hasil pengamatan gambar (kegiatan mengamati) 180 menit
Siswa membaca teks “Bagian Tubuh Manusia”. Di akhir bacaan, siswa diajak untuk bersyukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kesempurnaan tubuh dan berfungsi dengan baik.
Siswa mencermati dan mencari informasi penting yang terdapat dalam bacaan secara cermat dan teliti (kegiatan mengamati)
Siswa menggali informasi tentang anggota tubuh manusia dan fungsinya
Siswa membaca instruksi di buku siswa secara mandiri
Siswa mengisi tabel anggota tubuh manusia dan fungsinya di buku siswa. Kegiatan ini bisa dikerjakan secara individual maupun berpasangan dengan teman sebangku; disesuaikan dengan kondisi kelas. (kegiatan menanya)
Siswa membaca cerita kontekstual tentang konsep satuan kuantitas
Siswa mengamati gambar konversi antar satuan kuantitas dengan cermat dan teliti
Siswa menggali informasi dan membangun pengetahuan tentang cara mengkonversi satuan kuantitas
Siswa membaca instruksi pengerjaan soal di buku siswa secara mandiri
Siswa menyelesaikan tugas yang melibatkan satuan kuantitas
Siswa menuliskan jawaban pada kolom yang telah disediakan di buku siswa
Penutup Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

G. SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Guru & Buku Siswa Tema : Organ Tubuh Manusia dan Hewan Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Gambar bagian tubuh manusia, teks bacaan “Nama Bagian Tubuh Manusia”, konsep satuan kuantitas.

H. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati (Bagian tubuh manusia)
Keterampilan siswa dalam mengamati
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati

Aspek Baik Sekali Baik Cukup Perlu Bimbingan
4 3 2 1
Isi dan
Pengetahuan: Hasil  pengamatan gambar ditulis lengkap.
Semua bagian tubuh yang terdapat pada gambar dapat diidentifikasikan Sebagian besar
(80%) dari
bagian tubuh
yang terdapat
pada gambar dapat diidentifikasikan. 75% dari bagian
tubuh
yang terdapat
pada gambar
dapat diidentifikasikan. Kurang dari
60% dari
bagian tubuh
yang
terdapat
pada gambar
dapat diidentifikasikan
Sikap:
Ketelitian dan
Kecermatan Teliti dan detail dalam mengamati setiap komponen pada gambar
dan mampu
menandai
gambar serta
menambahkan
informasi Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar
namun tidak
menambahkan
informasi Cukup teliti
dalam mengamati
gambar, namun
hanya
sebagian
gambar yang
teridentifikasi. Kurang
teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar
Keterampilan
mengomunikasikan
hasil Penjelasan
mudah
dipahami dan
pemilihan
kata sesuai
dengan bahasa
Indonesia baku Penjelasan
mudah
dipahami dan
pemilihan
beberapa kata
sesuai dengan
bahasa
Indonesia baku Penjelasan
kurang
dipahami dan
pemilihan
beberapa
kata sesuai
dengan
bahasa
Indonesia
baku Penjelasan
sulit
dipahami
dan
pemilihan
kata tidak
sesuai
dengan
bahasa
Indonesia
baku

Rubrik Menyelesaikan Soal Metematika
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan siswa tentang konsep satuan kuantitas
Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan masalah
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam menggunakan informasi dari cerita untuk memecahkan masalah

Aspek Baik Sekali Baik Cukup Perlu Bimbingan
4 3 2 1
Pengetahuan Mampu
mengkonversi
satuan
kuantitas
dengan benar
untuk semua
pertanyaan Mampu
mengkonversi
satuan
kuantitas
dengan
benar untuk
sebagian
besar
pertanyaan Mampu
mengkonversi
satuan
kuantitas
dengan benar
untuk lebih
dari 50%
pertanyaan. Mampu
mengkonversi
satuan
kuantitas
dengan benar
untuk kurang
dari 50%
pertanyaan.
Keterampilan
dan
kemampuan
menjawab
pertanyaan Semua
prosedur
hitungan
dilakukan
dengan tepat
dan akurat Sebagian
besar
prosedur
hitungan
dilakukan
dengan tepat
dan akurat Semua
prosedur
hitungan
dilakukan
dengan tepat
dan akurat
Kecermatan
dan ketelitian Siswa secara
cermat dan
teliti menggunakan
dan
menuliskan
seluruh informasi
yang
disediakan
untuk menyelesaikan
soal cerita Siswa secara
cermat dan
teliti menggunakan
dan
menuliskan
sebagian
besar informasi
yang
disediakan
untuk menyelesaikan
soal
cerita Siswa
menggunakan
dan
menuliskan
sebagian
informasi yang
disediakan
untuk
menyelesaikan
soal cerita Siswa
menggunakan
dan menuliskan
sedikit
informasi yang
disediakan
untuk
menyelesaikan
soal cerita

                  Tapos,  06 Januari 2015

Mengetahui
Kepala Sekolah,



( SUKAMTI,M.Pd )
NIP: 195811101983052001 Guru Kelas V



( NURUL FATMA HUDHA,S.Pd SD )
NIP: 197110012005012011


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

             Satuan Pendidikan : SDN CILANGKAP 3
Kelas / Semester : V / 2
Tema 5 : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Sub Tema 1 : Tubuh Manusia
Pembelajaran Ke : 2
Alokasi Waktu : (6 x 35 menit) 1 x Pertemuan

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) :
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Indikator:
Mengidentifikasi anggota tubuh manusia dan hewan, beserta fungsinya, berdasarkan teks yang di baca.

Kompetensi Dasar (KD) :
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Indikator:
Menyimpulkan anggota tubuh manusia dan hewan, beserta fungsinya, berdasarkan teks yang dibaca.

IPA
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Mendeskripsikan rangka manusia dan fungsinya.

Indikator:
Menyebutkan bagian rangka manusia.
Mengenali tulang rangka manusia

Kompetensi Dasar (KD) :
4.1 Membuat bagan rangka manusia beserta fungsinya.

Indikator:
Mengamati gambar rangka manusia.
Berdiskusi mengenai gambar rangka manusia.

PJOK
Kompetensi Dasar (KD) :
3.5 Memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.

Indikator:
Menyebutkan aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru.

Kompetensi Dasar (KD) :
4.5 Mempraktikkan aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.

Indikator:
Merencanakan program latihan daya tahan secara individual.

SBdP
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa.

Indikator:
Mengidentifikasikan prinsip-prinsip seni dalam berbagai karya seni rupa.

Kompetensi Dasar (KD) :
4.3 Menggambar komik dengan menerapkan proporsi, komposisi, dan unsur penceritaan berdasarkan hasil pengamatan.

Indikator:
Menyimpulkan mengenai gambar komik, proporsi, komposisi, dan unsur penceritaan.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi manfaat olah raga (jalan cepat) dengan rasa ingin tahu
Dengan menggali informasi dari teks “Jenis Olahraga yang Baik untuk Jantung”, siswa mampu menyimpulkan jenis olahraga yang baik untuk jantung dengan cermat
Dengan mengamati “Gambar Tulang Rangka Manusia”, siswa mampu mengklasifikasi tulang rangka manusia menjadi tiga bagian dengan teliti
Dengan bekerja sama dalam kelompok, siswa mampu menyebutkan fungsi rangka manusia dengan santun
Dengan mengamati gambar komik, siswa mampu mendeskripsikan pengertian gambar komik dengan cermat
Dengan mengolah informasi yang tersedia, siswa mampu menyebutkan langkah-langkah menggambar komik dengan mandiri
Dengan mengamati anggota keluarga, siswa mampu menggambar bentuk tubuh salah satu anggota keluarga dengan kreatif

D. MATERI PEMBELAJARAN
Menggali informasi dari teks “Jenis Olahraga yang Baik untuk Jantung” kemudian membuat simpulannya
Mengklasifikasi tulang rangka manusia menjadi tiga bagian (tulang pipa, tulang pendek, dan tulang pipih)
Bekerja sama dalam kelompok untuk mendiskusikan fungsi rangka manusia
Mengamati gambar dan menjelaskan apa yang dimaksud dengan menggambar komik
Penugasan untuk mencari langkah-langkah menggambar komik
Membuat gambar bentuk tubuh salah satu anggota keluarga

E. PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Tubuh Manusia”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
15 menit
Inti Kegiatan dimulai dengan mengkomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
Siswa mengamati gambar anak-anak yang sedang melakukan jalan cepat. Gambar ini menjadi stimulus untuk melakukan diskusi tentang manfaat jalan cepat bagi kesehatan
Siswa menuliskan manfaat jalan cepat pada kolom yang disediakan di buku siswa. Kegiatan ini bisa dilakukan secara individual atau berpasangan dengan teman sebangku (disesuaikan dengan kondisi kelas) 180 menit
Siswa membaca teks “Jenis Olahraga yang Baik untuk Jantung”. Teks ini berisi aktivitas-aktivitas fisik yang bermanfaat untuk kesehatan
Siswa mencari informasi penting yang terdapat dalam bacaan secara cermat dan teliti (kegiatan membaca)
Siswa menggali informasi tentang jenis olahraga yang baik untuk jantung
Siswa membuat simpulan berdasarkan teks yang dibaca secara mandiri
Guru menstimulasi rasa ingin tahu siswa dengan menanyakan, “Kenapa tubuh kita dapat berdiri tegak?”
Siswa mengingat kembali pengetahuan tentang rangka manusia
Siswa menggunakan pemahamannya tentang rangka manusia untuk mengklasifikasi rangka menjadi tiga bagian. (Kegiatan Asosiasi)
Siswa mengamati gambar rangka manusia (tulang pipa, tulang pendek, dan tulang pipih)
Siswa mencari informasi dari berbagai sumber dan dibimbing untuk memahami klasifikasi tulang rangka berdasarkan bentuknya
Siswa melakukan diskusi kelas tentang fungsi rangka tubuh manusia dan menuliskan hasilnya pada tabel yang disediakan di buku siswa
Siswa mengamati gambar komik, kemudian dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan pengertian menggambar komik
Siswa mencari informasi dari berbagai sumber untuk mengetahui langkah-langkah menggambar komik secara mandiri
Penutup Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

G. SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Guru & Buku Siswa Tema : Organ Tubuh Manusia dan Hewan Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Gambar siswa yang sedang melakukan jalan sehat, teks bacaan “Jenis Olahraga yang Baik untuk Jantung”, gambar rangka manusia, konsep rangka manusia, gambar komik.

H. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati
Keterampilan siswa dalam mengamati
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati

Aspek Baik Sekali Baik Cukup Perlu Bimbingan
4 3 2 1
Isi dan
Pengetahuan
Hasil
pengamatan
ditulis
lengkap, siswa
menunjukkan
pengetahuan
tentang materi
yang disajikan Hasil
pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaanpertanyaan
yang berkaitan
dengan
gambar secara
keseluruhan
dijawab dengan
benar Hasil
pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaanpertanyaan
yang berkaitan
dengan
gambar
sebagian
besar dijawab
dengan benar Hasil
pengamatan
gambar
ditulis cukup
lengkap dan
pertanyaanpertanyaan
yang
berkaitan
dengan
gambar
beberapa
dijawab
dengan benar Hasil
pengamatan
gambar
ditulis kurang
lengkap dan
pertanyaanpertanyaan
yang
berkaitan
dengan
gambar
hanya sedikit
yang dijawab
dengan
benar
Sikap:
Ketelitian
dalam
mengamati
gambar dan
melihat setiap
komponennya Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar
dan mampu
menandai
gambar serta
menambahkan
informasi Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar Teliti dan
detail dalam
mengamati
sebagian
komponen
pada gambar Kurang
teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar
Keterampilan
mengomunikasikan
hasil Penjelasan
mudah
dipahami dan
pemilihan
kata sesuai
dengan bahasa
Indonesia baku Penjelasan
mudah
dipahami dan
pemilihan
beberapa kata
sesuai dengan
bahasa
Indonesia baku Penjelasan
kurang
dipahami dan
pemilihan
beberapa
kata sesuai
dengan
bahasa
Indonesia
baku Penjelasan
sulit
dipahami
dan
pemilihan
kata tidak
sesuai
dengan
bahasa
Indonesia
baku

Rubrik Menyimpulkan Teks “Jenis Olahraga yang Baik untuk Jantung”
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan siswa tentang jenis olahraga yang baik untuk jantung
Kemandirian dan manajemen waktu
Ketepatan siswa dalam menarik simpulan

Aspek Baik Sekali Baik Cukup Perlu Bimbingan
4 3 2 1
Pengetahuan Menunjukkan
pemahaman
yang lebih
tentang
berbagai jenis
olahraga yang
baik untuk
jantung Menunjukkan
pemahaman
menyeluruh
tentang
berbagai jenis
olahraga yang
baik untuk
jantung Menunjukkan
pemahaman
yang cukup
tentang
berbagai jenis
olahraga yang
baik untuk
jantung Menunjukkan
pemahaman
yang kurang
tentang
berbagai
jenis
olahraga
yang baik
untuk
jantung
Kemandirian
dan
manajemen
waktu
(attitude) Sangat
mandiri
membaca
teks bahkan
selesai
sebelum
waktunya Mandiri
mengerjakan
tugas dan
selesai tepat
waktu Sesekali perlu
diingatkan
untuk menyelesaikan
tugas Tidak menyelesaikan
tugas tepat
waktu
Ketepatan
siswa dalam
menarik
simpulan Simpulan
sangat tepat
dan sangat
sesuai dengan
teks yang
disediakan Simpulan
tepat dan
sesuai dengan
teks yang
disediakan Simpulan
kurang tepat
namun masih
sesuai dengan
teks yang
disediakan Simpulan
tidak tepat
dan tidak
sesuai
dengan
teks yang
diberikan

Rubrik Diskusi Kelompok Fungsi Rangka Manusia
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan siswa tentang fungsi rangka manusia
Keterampilan berbicara dan mengungkapkan pendapat
Sikap kerja sama dan tanggung jawab

Aspek Baik Sekali Baik Cukup Perlu Bimbingan
4 3 2 1
Pengetahuan Semua
pendapat yang
diberikan oleh
kelompok
tentang fungsi
rangka manusia
berkaitan dan
masuk akal. Sebagian besar
pendapat yang
diberikan oleh
kelompok
tentang
fungsi rangka
manusia
berkaitan dan
masuk diakal Beberapa
pendapat
yang
diberikan
oleh
kelompok
tentang
fungsi rangka
manusia
berkaitan dan
masuk diakal Hanya sedikit
pendapat yang
diberikan oleh
kelompok
tentang
fungsi rangka
manusia
berkaitan dan
masuk diakal
Sikap
Kerjasama Seluruh
anggota terlihat
bersungguhsungguh
dalam
berdiskusi dan
mempersiapkan
presentasi
mereka Beberapa anggota
terlihat
bersungguhsungguh
dalam berdiskusi
dan mempersiapkan
presentasi
mereka Seluruh anggota
terlihat
bermainmain
namun
masih mau
memperlihatkan
kerja
sama mereka
sekalipun
dalam pengawasan
guru Seluruh
anggota terus
bermain-main
sekalipun
sudah
berulang kali
diperingatkan
oleh guru.
Ketrampilan
berbicara Pengucapan
pendapat secara
keseluruhan
jelas, tidak
menggumam
dan dapat
dimengerti Pengucapan
pendapat
di beberapa
bagian jelas
dan dapat
dimengerti Pengucapan
pendapat
tidak begitu
jelas tapi
masih bisa
ditangkap
maksudnya
oleh
pendengar Pengucapan
pendapat
secara
keseluruhan
betul-betul
tidak jelas,
menggumam
dan tidak
dapat
dimengerti




           Tapos,  07 Januari 2015

Mengetahui
Kepala Sekolah,



( SUKAMTI,M.Pd )
NIP: 195811101983052001 Guru Kelas V



( NURUL FATMA HUDHA,S.Pd SD )
NIP: 197110012005012011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan : SDN CILANGKAP 3
Kelas / Semester : V / 2
Tema 5 : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Sub Tema 1 : Tubuh Manusia
Pembelajaran Ke : 3
Alokasi Waktu : (6 x 35 menit) 1 x Pertemuan


A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) :
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Indikator:
Membaca teks mengenai manusia sebagai makhluk Individu dan makhluk sosial.

Kompetensi Dasar (KD) :
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Indikator:
Menulis ulang mengenai anggota tubuh manusia dan hewan, beserta fungsinya, berdasarkan teks yang dibaca.

PPKn
Kompetensi Dasar (KD) :
3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup.

Indikator:
Mengenali karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.

Kompetensi Dasar (KD) :
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional.

Indikator:
Mencari tahu karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial dalam bentuk tabel.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD) :
3.6 Menentukan hubungan antar satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi).

Indikator:
Menggunakan kesetaraan satuan dalam perhitungan atau pemecahan soal.

Kompetensi Dasar (KD) :
4.13 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata seharihari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya.

Indikator:
Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep hubungan antarsatuan kuantitas.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan membaca teks yang dilengkapi ilustrasi gambar, siswa mampu mengasosiasi pemahaman tentang berbagai satuan kuantitas dengan rasa ingin tahu
Dengan mengerjakan soal latihan, siswa mampu menyelesaikan operasi hitung yang melibatkan beberapa satuan kuantitas dengan teliti
Dengan mengkonversi satuan kuantitas berbeda, siswa mampu membandingkan nilai kuantitas antar satuan dengan kritis
Dengan mengolah informasi dari berbagai sumber, siswa mampu mendeskripsikan perbedaan manusia sebagai makhluk individu dan sosial dengan kerja keras
Dengan mengamati gambar, siswa mampu membandingkan karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan sosial dengan kritis
Dengan membaca teks “Manusia sebagai Makhluk Individu dan Makhluk Sosial”, siswa mampu menuliskan gagasan utama menggunakan kata-kata sendiri dan tata bahasa yang benar dengan kreatif

D. MATERI PEMBELAJARAN
Mengamati gambar dan memecahkan soal cerita yang berhubungan dengan gambar yang disajikan
Menyelesaikan soal yang berhubungan dengan satuan kuantitas
Menghubungkan satuan kuantitas berbeda yang nilainya sama banyak
Mencari informasi tentang manusia sebagai makhluk individu dan sosial
Mengamati gambar dan mendeskripsikan karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan sosial
Menggali informasi dari teks “Manusia sebagai Makhluk Individu dan Makhluk Sosial” kemudian menuliskan kembali gagasan utamanya menggunakan kata-kata baku dan tata bahasa yang benar

E. PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Tubuh Manusia”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
15 menit
Inti Kegiatan dimulai dengan mengomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
Guru menarik perhatian siswa dengan membacakan cerita kontekstual yang dilengkapi ilustrasi gambar. Cerita tersebut menstimulus siswa untuk memahami fenomena keseharian yang melibatkan berbagai satuan kuantitas
Rasa ingin tahu siswa dipancing dengan memberikan kesempatan untuk menanya proses pemecahan masalah yang termuat dalam cerita
Siswa dibimbing untuk menguasai konsep konversi antar satuan kuantitas
Siswa dilatih untuk menggunakan semua informasi dalam menyelesaikan operasi hitung yang melibatkan satuan kuantitas berbeda.
Siswa dilatih untuk membandingkan satuan kuantitas berbeda, namun memiliki nilai yang sama 180 menit
Rasa ingin tahu siswa distimulus dengan pertanyaan tentang makna manusia sebagai makhluk individu dan sosial. Siswa dapat menggali informasi dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan tersebut.
Siswa menuliskan jawaban pada kolom yang disediakan di buku siswa.
Siswa mengamati beberapa gambar dan menganalisis karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan sosial
Siswa menuliskan hasil pengamatannya pada kolom yang tersedia di buku siswa
Siswa membaca teks “Manusia sebagai Makhluk Individu dan Sosial”. Saat membaca, siswa menggali informasi sebanyak mungkin hingga akhirnya dapat menuliskan gagasan utamanya menggunakan katakata baku dan tata bahasa yang benar
Gagasan utama dapat dituliskan pada kolom yang disediakan di buku siswa
Penutup Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

G. SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Guru & Buku Siswa Tema : Organ Tubuh Manusia dan Hewan Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Cerita yang disertai ilustrasi gambar, teks bacaan “Manusia sebagai Makhluk Individu dan Sosial”, konsep tentang karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan sosial.

H. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati
Keterampilan siswa dalam mengamati
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati

Aspek Baik Sekali Baik Cukup Perlu Bimbingan
4 3 2 1
Isi dan
Pengetahuan
Hasil pengamatan
ditulis lengkap,
siswa menunjukkan
pengetahuan
tentang materi yang
disajikan Hasil pengamatan
gambar
ditulis lengkap dan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar secara keseluruhan dijawab dengan
benar Hasil pengamatan gambar
Ditulis lengkap dan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan
Dengan gambar sebagian besar dijawab dengan
benar Hasil pengamatan gambar ditulis Cukup lengkap dan  pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan gambar beberapa dijawab dengan
benar Hasil pengamatan gambar ditulis kurang lengkap dan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan gambar hanya sedikit yang dijawab dengan benar
Sikap:
Ketelitian dalam
mengamati gambar
dan melihat setiap
komponennya Teliti dan detail dalam mengamati setiap komponen pada gambar dan mampu menandai gambar serta menambahkan informasi Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar Teliti dan
detail dalam
mengamati
sebagian
komponen
pada gambar Kurang
teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar
Keterampilan
mengomunikasikan
hasil Penjelasan mudah dipahami dan
pemilihan
kata sesuai dengan bahasa
Indonesia baku Penjelasan mudah dipahami dan pemilihan
beberapa
kata sesuai dengan bahasa Indonesia baku Penjelasan kurang  dipahami dan
Pemilihan beberapa kata sesuai dengan bahasa Indonesia baku Penjelasan sulit
dipahami dan pemilihan kata tidak sesuai dengan bahasa Indonesia baku

Rubrik Menyelesaikan Soal Matematika
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan siswa tentang konsep operasi hitung antarsatuan kuantitas
Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan masalah
Kecermatan dan ketelititan siswa dalam menggunakan informasi dari cerita untuk memecahkan masalah

Aspek Baik Sekali Baik Cukup Perlu Bimbingan
4 3 2 1
Pengetahuan Menunjukkan pemahaman yang lebih tentang konsep operasi hitung antar satuan
kuantitas Menunjukkan pemahaman menyeluruh tentang konsep operasi hitung antar satuan kuantitas Menunjukkan pemahaman yang cukup tentang konsep operasi hitung antar satuan kuantitas Menunjukkan pemahaman
yang kurang
tentang konsep
operasi hitung
antar satuan
kuantitas
Keterampilan
dan
kemampuan
menjawab
pertanyaan Seluruh
pertanyaan
dijawab
dengan benar Sebagian besar
pertanyaan
dijawab
dengan benar Sebagian kecil
pertanyaan
dijawab
dengan benar Seluruh
pertanyaan
tidak dijawab
dengan benar
Kecermatan
dan ketelitian Siswa secara cermat dan teliti menggunakan dan menuliskan seluruh  informasi yang disediakan  untuk  menyelesaikan
soal Siswa secara cermat dan teliti menggunakan dan menuliskan sebagian besar informasi yang disediakan untuk menyelesaikan
soal Siswa menggunakan dan menuliskan sebagian  informasi yang disediakan untuk  menyelesaikan
soal Siswa menggunakan dan menuliskan sedikit informasi  yang disediakan untuk menyelesaikan
soal

Rubrik Mencari Tahu
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan siswa tentang konsep makhluk sosial dan makhluk individu
Keterampilan siswa dalam menggali informasi dari berbagai sumber
Sikap kemandirian siswa

Aspek Baik Sekali Baik Cukup Perlu Bimbingan
4 3 2 1
Pengetahuan Siswa
memahami
konsep
manusia
sebagai
makhluk
individu dan
sosial Siswa hanya memahami salah satu konsep manusia sebagai makhluk individu atau manusia sebagai makhluk
sosial Siswa hanya memahami  salah satu konsep manusia sebagai makhluk individu atau manusia  sebagai makhluk
sosial
Membutuhkan
sedikit
bimbingan
dari
guru dalam
pengerjaannya Siswa tidak memahami semua konsep tentang  manusia sebagai makhluk individu dan manusia sebagai
makhluk sosial,
Membutuhkan
banyak
bimbingan dalam
pengerjaannya
Ketrampilan
siswa dalam
menggali
informasi Siswa menggali informasi dari 4 sumber berbeda Siswa menggali informasi dari 3 sumber berbeda Siswa menggali informasi dari 2  sumber berbeda Siswa menggali informasi hanya dari 1 sumber
Kemandirian
dan manajemen
waktu (attitude) Sangat mandiri membaca teks bahkan selesai sebelum
waktunya Mandiri mengerjakan tugas dan selesai tepat
waktu Sesekali perlu Diingatkan untuk  menyelesaikan
tugas Tidak menyelesaikan tugas tepat waktu

Rubrik Menulis Gagasan Pokok
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan siswa tentang karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan sosial
Keterampilan siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Sikap kemandirian siswa

Aspek Baik Sekali Baik Cukup Perlu Bimbingan
4 3 2 1
Pengetahuan Siswa
memahami
karakteristik
manusia
sebagai
makhluk
individu dan
sosial Siswa hanya
memahami
salah satu
karakteristik
manusia
sebagai
makhluk individu atau
manusia
sebagai
makhluk
sosial Siswa hanya
memahami
salah satu
karakteristik
manusia
sebagai
makhluk
individu atau
manusia sebagai makhluk sosial, membutuhkan sedikit bimbingan dari
guru dalam
pengerjaannya Siswa tidak
memahami
semua konsep
tentang
manusia
sebagai
makhluk
individu dan
manusia sebagai makhluk sosial,
Membutuhkan banyak bimbingan dalam pengerjaannya
Keterampilan Gagasan pokok
disampaikan
dengan
menggunakan
tata
bahasa Indonesia
yang
baik dan
baku Terdapat 1-2
kesalahan
dalam tata
bahasa yang
baik dan
baku Terdapat 3-4
kesalahan
dalam tata
bahasa yang
baik dan baku Terdapat >4
kesalahan
dalam tata
bahasa yang
baik dan baku

            Tapos,  08  Januari 2015

Mengetahui
Kepala Sekolah,



( SUKAMTI,M.Pd )
NIP: 195811101983052001 Guru Kelas V



( NURUL FATMA HUDHA,S.Pd SD )
NIP: 197110012005012011


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan : SDN CILANGKAP 3
Kelas / Semester : V / 2
Tema 5 : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Sub Tema 1 : Tubuh Manusia
Pembelajaran Ke : 4
Alokasi Waktu : (6 x 35 menit) 1 x Pertemuan


A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) :
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Indikator:
Memahami rangkaian teks mengenai aktivitas kehidupan manusia

Kompetensi Dasar (KD) :
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Indikator:
• Melakukan diskusikan secara berkelompok mengenai
aktivitas kehidupan manusia.
• Membuat tulisan hasil diskusi mengenai aktivitas
kehidupan manusia.

PPKn
Kompetensi Dasar (KD) :
3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup.

Indikator:
Memahami karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.

Kompetensi Dasar (KD) :
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional.

Indikator:
Membuat perbandingan tentang karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial dalam bentuk tabel.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD) :
3.6 Menentukan hubungan antar satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi).

Indikator:
Menentukan kesetaraan antar satuan kuantitas (rim, lusin, kodi).
Menggunakan kesetaraan satuan dalam perhitungan atau pemecahan soal.

Kompetensi Dasar (KD) :
4.13 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata seharihari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya.

Indikator:
Menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antarsatuan kuantitas.
Memeriksa kebenaran jawaban dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antarsatuan kuantitas.

IPS
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.

Indikator:
Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional.

Kompetensi Dasar (KD) :
4.1 Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia

Indikator:
Menyusun laporan secara tertulis tentang mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan membaca cerita kontekstual yang disertai ilustrasi gambar, siswa mampu memahami langkah-langkah pemecahan masalah matematika yang melibatkan operasi hitung satuan kuantitas dengan cermat
Dengan menyelesaikan soal cerita, siswa mampu memecahkan masalah matematika yang melibatkan operasi hitung satuan kuantitas dengan mandiri
Dengan mencari informasi dari berbagai sumber, siswa mampu mengetahui faktor yang mempengaruhi perubahan aktivitas manusia dengan rasa ingin tahu
Dengan berdiskusi dalam kelompok, siswa mampu mengungkapkan gagasan tentang aktivitas manusia dan perubahan yang terjadi saat ini dengan percaya diri
Dengan mengamati gambar banjir, siswa mampu menyebutkan tindakan yang perlu dilakukan terhadap peristiwa tersebut dengan peduli

D. MATERI PEMBELAJARAN
Mengamati gambar dan memahami langkah-langkah pemecahan masalah yang disajikan melalui cerita melibatkan operasi hitung satuan kuantitas
Berlatih menyelesaikan soal problem solving yang melibatkan satuan kuantitas
Mencari informasi dari berbagai sumber tentang faktor yang mempengaruhi perubahan aktivitas manusia dalam kehidupannya
Mendiskusikan aktivitas manusia dan perubahannya yang terjadi saat ini
Mengidentifikasi karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan sosial
Bekerja dalam kelompok untuk mendiskusikan tentang teknologi yang dapat merubah aktivitas kehidupan manusia
Mengamati gambar banjir untuk mencari tahu respon yang akan dilakukan terhadap peristiwa tersebut

E. PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Tubuh Manusia”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
15 menit
Inti Kegiatan dimulai dengan mengkomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
Guru membacakan cerita yang melibatkan operasi hitung antar satuan kuantitas. Sambil mendengarkan cerita, siswa bias melihat ilustrasi gambar yang terdapat di buku siswa.
Rasa ingin tahu siswa distimulus dengan melakukan tanya-jawab untuk menyelesaikan persoalan yang terdapat dalam cerita 180 menit
Guru membimbing siswa dalam menyelesaikan latihan berupa soal cerita
Dengan mengerjakan soal cerita, siswa dituntut untuk mengasosiasi pemahaman awalnya tentang konsep, konversi, dan operasi hitung satuan kuantitas
Guru meminta siswa menyampaikan hasil kerjanya di depan kelas dan saling bertukar pendapat dengan siswa lain mengenai langkah-langkah penyelesaian soal
Siswa dilatih untuk mencari tahu informasi tentang faktor yang mempengaruhi perubahan aktivitas manusia dalam kehidupannya
Siswa bisa menggali informasi dari buku-buku referensi, internet, dan sebagainya.
Informasi yang diperoleh dapat dituliskan pada tabel yang tersedia di buku siswa (kegiatan membaca)
Guru melakukan tanya-jawab yang mengarahkan siswa untuk menyebutkan aktivitas manusia dan perubahan yang terjadi saat ini (kegiatan menanya)
Hasil tanya-jawab dapat dituliskan pada tabel yang tersedia di buku siswa
Bersama teman sebangku, siswa menggali informasi selengkap mungkin tentang karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan sosial
Siswa mengumpulkan informasi tersebut untuk membandingkan karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan sosial
Dalam kelompok yang terdiri maksimal lima anak, siswa melakukan diskusi untuk membahas contoh teknologi yang dapat merubah aktivitas kehidupamn manusia
Siswa mengamati gambar banjir kemudian dibimbing guru untuk menyebutkan perannya sebagai makhluk individu dan sosial dalam menyikapi peristiwa tersebut
Penutup Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

G. SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Guru & Buku Siswa Tema : Organ Tubuh Manusia dan Hewan Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Soal latihan berbentuk cerita, konsep tentang perubahan aktivitas manusia, konsep manusia sebagai makhluk individu dan sosial.

H. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati
Keterampilan siswa dalam mengamati
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati

Aspek Baik Sekali Baik Cukup Perlu Bimbingan
4 3 2 1
Isi dan
Pengetahuan:
Hasil
pengamatan
ditulis
lengkap, siswa
menunjukkan
pengetahuan
tentang materi
yang disajikan Hasil
pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaanpertanyaan
yang berkaitan
dengan
gambar secara
keseluruhan
dijawab
dengan benar Hasil
pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaanpertanyaan
yang berkaitan
dengan
gambar
sebagian
besar dijawab
dengan benar Hasil
pengamatan
gambar
ditulis cukup
lengkap dan
pertanyaanpertanyaan
yang berkaitan
dengan
gambar
beberapa
dijawab
dengan benar Hasil
pengamatan
gambar
ditulis kurang
lengkap dan
pertanyaanpertanyaan
yang
berkaitan
dengan
gambar
hanya sedikit
yang dijawab
dengan benar
Sikap:
Ketelitian
dalam
mengamati
gambar dan
melihat setiap
komponennya Teliti dan detail
dalam
mengamati
setiap komponen
pada
gambar dan
mampu
menandai
gambar serta
menambahkan
informasi Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar Teliti dan
detail dalam
mengamati
sebagian
komponen
pada gambar Kurang
teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar
Keterampilan
mengomunikasikan
hasil Penjelasan
mudah
dipahami dan
pemilihan kata
sesuai dengan
bahasa
Indonesia
baku Penjelasan
mudah
dipahami dan
pemilihan
beberapa kata
sesuai dengan
bahasa
Indonesia
baku Penjelasan
kurang
dipahami dan
pemilihan
beberapa kata
sesuai dengan
bahasa
Indonesia
baku Penjelasan
sulit
dipahami dan
pemilihan
kata tidak
sesuai
dengan
bahasa
Indonesia
baku

Rubrik Menyelesaikan Soal Metematika
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan siswa tentang operasi hitung antar satuan kuantitas
Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan masalah
Kecermatan dan ketelititan siswa dalam menggunakan informasi dari cerita untuk memecahkan masalah

Aspek Baik Sekali Baik Cukup Perlu Bimbingan
4 3 2 1
Pengetahuan Menunjukkan
pemahaman
yang lebih
tentang
operasi hitung
antar satuan
kuantitas Menunjukkan
pemahaman
menyeluruh
tentang
operasi hitung
antar satuan
kuantitas Menunjukkan
pemahaman
yang cukup
tentang
operasi hitung
antar satuan
kuantitas Menunjukkan
pemahaman
yang kurang
tentang
operasi hitung
antar satuan
kuantitas
Keterampilan
dan
kemampuan
menjawab
pertanyaan Seluruh
pertanyaan
dijawab
dengan benar Sebagian besar
pertanyaan
dijawab dengan
benar Sebagian kecil
pertanyaan
dijawab
dengan benar Seluruh
pertanyaan
tidak dijawab
dengan benar
Kecermatan
dan ketelitian Siswa secara
cermat dan
teliti menggunakan
dan
menuliskan
seluruh informasi
yang
disediakan
untuk menyelesaikan
soal
cerita Siswa secara
cermat
dan teliti
menggunakan
dan menuliskan
sebagian besar
informasi yang
disediakan
untuk
menyelesaikan
soal cerita Siswa
menggunakan
dan
menuliskan
sebagian
informasi yang
disediakan
untuk
menyelesaikan
soal cerita Siswa
menggunakan
dan menuliskan
sedikit
informasi yang
disediakan
untuk
menyelesaikan
soal cerita

Rubrik Presentasi Hasil Diskusi
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan siswa tentang materi diskusi
Tata bahasa yang digunakan dalam menyampaikan hasil diskusi
Keterampilan siswa dalam berbicara dan menyajikan hasil diskusi
Sikap percaya diri dan kesungguhan siswa

Aspek Baik Sekali Baik Cukup Perlu Bimbingan
4 3 2 1
Tata Bahasa Menggunakan
bahasa
Indonesia
yang baik dan
baku Terdapat 1-2
kesalahan
dalam tata
bahasa
Indonesia yang
baik dan baku Terdapat 3-4
kesalahan
dalam tata
bahasa
Indonesia yang
baik dan baku Terdapat >
4 kesalahan
dalam tata
bahasa
Indonesia yang
baik dan baku
Sikap Seluruh
anggota
terlihat
bersungguhsungguh
dalam
menyajikan
hasil diskusi Beberapa
anggota
terlihat
bersungguhsungguh
dalam
menyajikan
hasil diskusi Beberapa
anggota
kelompok
terlihat
bermainmain,
namun
sebagian
lainnya masih
menunjukkan
kerja keras Siswa terus
bermain-main
walaupun
berulang kali
diingatkan
oleh guru
Keterampilan
Berbicara Intonasi jelas,
bahasa yang
digunakan
efektif, efisien,
dan mudah
dimengerti Intonasi
kurang jelas,
namun
bahasa yang
digunakan
efektif, efisien,
dan mudah
dimengerti Intonasi
jelas namun
bahasa yang
digunakan
kurang efektif,
efisien,
dan susah
dimengerti Intonasi tidak
jelas dan
bahasa yang
digunakan
tidak efektif,
efisien, dan
tidak bisa
dimengerti

           Tapos,  09 Januari 2015

Mengetahui
Kepala Sekolah,



( SUKAMTI,M.Pd )
NIP: 195811101983052001 Guru Kelas V



( NURUL FATMA HUDHA,S.Pd SD )
NIP: 197110012005012011


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan : SDN CILANGKAP 3
Kelas / Semester : V / 2
Tema 5 : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Sub Tema 1 : Tubuh Manusia
Pembelajaran Ke : 5
Alokasi Waktu : (6 x 35 menit) 1 x Pertemuan


A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) :
3.2 Mengenal bagian tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya.

Indikator:
Membaca teks bacaan tentang tubuh manusia dan hewan.

Kompetensi Dasar (KD) :
4.2 Menuliskan ide-idenya tentang pemanfaatan bagian tumbuhan di sekitarnya bagi manusia.

Indikator:
Membuat tulisan hasil pengamatan mengenai tubuh manusia dan hewan.


IPA
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Mendeskripsikan rangka manusia dan fungsinya.

Indikator:
• Menjelaskan kegunaan rangka.

Kompetensi Dasar (KD) :
4.1 Membuat bagan rangka manusia beserta fungsinya.

Indikator:
Menggambar rangka manusia.
Memberi keterangan pada gambar mengenai bagian-bagian dan fungsi rangka manusia.

PJOK
Kompetensi Dasar (KD) :
3.5 Memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.

Indikator:
Menyebutkan aktivitas latihan daya tahan Jantung dan Paru.

Kompetensi Dasar (KD) :
3.11 Memahami bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh.

Indikator:
Menyebutkan bahaya merokok.

Kompetensi Dasar (KD) :
4.5 Mempraktikkan aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
Indikator:
Melakukan aktivitas fisik dalam waktu tertentu.

Kompetensi Dasar (KD) :
4.11 Menceritakan bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh.

Indikator:
Menjelaskan penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh kebiasaan merokok.

SBdP
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa.

Indikator:
Memahami prinsip-prinsip seni dalam berbagai karya seni rupa (menggambar komik).

Kompetensi Dasar (KD) :
4.3 Menggambar komik dengan menerapkan proporsi, komposisi, dan unsur penceritaan berdasarkan hasil pengamatan.

Indikator:
Mengamati langkah demi langkah dalam contoh menggambar komik.
Menggambar komik bertema legenda/ cerita rakyat nusantara dengan proporsi, komposisi, dan unsur penceritaan

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan mengamati gambar berbagai aktivitas untuk kesehatan jantung dan paruparu, siswa dapat menirukan gerakan-gerakannya dengan percaya diri
Dengan bercerita, siswa mampu menyebutkan aktivitas yang dilakukannya untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru dengan tanggung jawab
Dengan menggali informasi dari berbagai sumber, siswa mampu menjelaskan bahaya merokok dengan cermat
Dengan mengamati langkah-langkah menggambar tokoh komik, siswa mampu menggambar tokoh komik sesuai imajinasi dengan kreatif
Dengan menggambar salah satu rangka manusia, siswa mampu menunjukkan bagianbagian rangka manusia dengan mandiri

D. MATERI PEMBELAJARAN
Praktik gerakan-gerakan dasar dalam olahraga yang ditunjukkan melalui gambar
Menuliskan aktivitas pribadi yang dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru
Mencari informasi dari berbagai sumber tentang bahaya merokok bagi kesehatan
Mengamati langkah-langkah menggambar tokoh komik
Menggambar tokoh komik berdasarkan imajinasi masingmasing
Menggambar rangka tubuh manusia disertai keterangan pada setiap bagiannya
Menuliskan cerita tentang rangka manusia dan fungsinya berdasarkan gambar yang telah dibuat

E. PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Tubuh Manusia”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
15 menit
Inti Kegiatan dimulai dengan mengomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
Guru memberikan pertanyaan untuk menstimulus antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran. Pertanyaan dapat berupa, “Siapa yang berangkat ke sekolah dengan jalan kaki atau mengendarai sepeda?”
Siswa mengamati gambar berbagai aktivitas yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan paru-paru
Secara serempak, siswa mempraktikkan gerakan yang ditunjukkan pada gambar
Untuk meningkatkan keaktifan dan konsentrasi, guru bersama siswa bisa membuat kesepakatan/ aturan main yang menjelaskan konsekuensi bagi yang melakukan kesalahan dalam gerak 180 menit
Siswa diminta membuat cerita yang berisi kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru
Cerita ditulis pada kolom yang tersedia di buku siswa menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan baku
Beberapa siswa diminta untuk membacakan hasil kerjanya di depan kelas, sementara siswa yang lain mengomentari atau mengungkapkan pendapatnya
Siswa diminta mencari informasi sebanyak mungkin tentang bahaya merokok bagi manusia
Informasi bisa diperoleh dari orang tua, buku-buku referensi, internet, dan sebagainya
Perdalam pemahaman siswa tentang bahaya merokok dengan mengidentifikasi peringatan pada bungkus rokok dan kasus yang pernah dialami oleh orangorang di sekitar siswa
Informasi yang telah diperoleh disajikan pada kolom yang tersedia di buku siswa
Stimulasi keingintahuan siswa dengan memberikan pertanyaan, “Siapa yang suka membaca komik?” kaitkan pertanyaan dengan topik pembelajaran, yakni langkah-langkah menggambar komik
Siswa diminta untuk mengamati langkah-langkah menggambar tokoh komik
Siswa bertanya lebih jauh lagi tentang bagimana proses menggambar tokoh-tokoh lain pada komik
Setelah mengetahui langkah-langkah menggambar tokoh komik, siswa diminta menggambar sendiri tokoh komik sesuai imajinasinya
Selain menggambar tokoh komik, siswa diminta menggambar salah satu bagian kerangka tubuh manusia. Kemudian menuliskan keterangan pada setiap bagiannya
Gambar rangka yang telah dibuat menjadi stimulus untuk menulis cerita tentang rangka dan fungsinya
Penutup Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit
G. SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Guru & Buku Siswa Tema : Organ Tubuh Manusia dan Hewan Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Buku siswa, soal latihan berbentuk cerita, gambar berbagai aktivitas yang dapat menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, gambar langkah-langkah membuat tokoh komik, gambar rangka manusia.

H. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Rubrik Mempraktikkan Gerakan berdasarkan Gambar
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan siswa tentang berbagai aktivitas yang dapat menjaga kesehatan jantung dan paru-paru
Keterampilan siswa dalam mempraktikkan gerakan-gerakan sesuai dengan gambar
Sikap sportif dalam berkegiatan olahraga

Aspek Baik Sekali Baik Cukup Perlu Bimbingan
4 3 2 1
Ketepatan
Melakukan
Gerakan Mampu
melakukan
semua
gerakan sesuai
gambar yang
ditunjukkan
dengan
tepat tanpa
melakukan
kesalahan Mampu
melakukan
sebagian
gerakan sesuai
gambar yang
ditunjukkan
dengan tepat
disertai
beberapa
kesalahan
kecil Mampu
melakukan
sedikit
gerakan sesuai
gambar yang
ditunjukkan
dengan kurang
tepat disertai
beberapa
kesalahan
kecil Tidak mampu
melakukan
semua
gerakan yang
ditampilkan
pada gambar
Sikap Sportif Bermain
tertib sesuai
aturan dan
sportif selama
permainan
berlangsung Bermain tertib
sesuai aturan
dan sportif
hampir selama
permainan
berlangsung Bermain cukup
tertib sesuai
aturan dan
sportif dalam
beberapa
menit
permainan
berlangsung Bermain kurang
tertib dan
tidak sesuai
aturan selama
permainan
berlangsung

Rubrik Mempraktikkan Gerakan berdasarkan Gambar
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati
Keterampilan siswa dalam mengamati
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati

Aspek Baik Sekali Baik Cukup Perlu Bimbingan
4 3 2 1
Isi dan
Pengetahuan:
Hasil p
engamatan
ditulis
lengkap, siswa
menunjukkan
pengetahuan
tentang materi
yang disajikan Hasil
pengamatan
gambar ditulis
lengkap dan
pertanyaanpertanyaan
yang berkaitan
dengan
gambar secara
keseluruhan
dijawab
dengan benar Hasil
pengamatan
gambar
ditulis
lengkap dan
pertanyaanpertanyaan
yang
berkaitan
dengan
gambar
sebagian
besar dijawab
dengan benar Hasil
pengamatan
gambar
ditulis cukup
lengkap dan
pertanyaanpertanyaan
yang
berkaitan
dengan
gambar
beberapa
dijawab
dengan benar Hasil
pengamatan
gambar
ditulis kurang
lengkap dan
pertanyaanpertanyaan
yang berkaitan
dengan
gambar
hanya sedikit
yang dijawab
dengan benar
Sikap:
Ketelitian dalam
mengamati
gambar dan
melihat setiap
komponennya Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar
dan mampu
menandai
gambar serta
menambahkan
informasi Teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar Teliti dan
detail dalam
mengamati
sebagian
komponen
pada gambar Kurang
teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap
komponen
pada gambar
Keterampilan
mengomunikasikan
hasil Penjelasan
mudah
dipahami dan
pemilihan kata
sesuai dengan
bahasa
Indonesia
baku Penjelasan
mudah
dipahami dan
pemilihan
beberapa
kata sesuai
dengan
bahasa
Indonesia
baku Penjelasan
kurang
dipahami dan
pemilihan
beberapa
kata sesuai
dengan
bahasa
Indonesia
baku Penjelasan
sulit dipahami
dan pemilihan
kata tidak
sesuai dengan
bahasa
Indonesia
baku


           Tapos, 10 Januari 2015

Mengetahui
Kepala Sekolah,



( SUKAMTI,M.Pd )
NIP: 195811101983052001 Guru Kelas V



( NURUL FATMA HUDHA,S.Pd SD )
NIP: 197110012005012011


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan : SDN CILANGKAP 3
Kelas / Semester : V / 2
Tema 5 : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Sub Tema 1 : Tubuh Manusia
Pembelajaran Ke : 6
Alokasi Waktu : (6 x 35 menit) 1 x Pertemuan


A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) :
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Indikator:
Menyiapkan pertanyaan untuk melakukan wawancara dengan memilih kosa kata baku.

Kompetensi Dasar (KD) :
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Indikator:
Melakukan wawancara.
Menuliskan hasil wawancara dengan kosa kata baku

PPKn
Kompetensi Dasar (KD) :
3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup.

Indikator:
Menjelaskan perlunya saling memenuhi keperluan hidup.

Kompetensi Dasar (KD) :
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional.

Indikator:
Menuliskan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional dalam bentuk tabel

IPS
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.
Indikator:
Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional.

Kompetensi Dasar (KD) :
4.1 Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia
Indikator:
Mempresentasikan laporan hasil pengamatan tentang mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.

SBdP
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa.
Indikator:
Memahami gambar komik bertemakan cerita rakyat.

Kompetensi Dasar (KD) :
4.3 Menggambar komik dengan menerapkan proporsi, komposisi, dan unsur penceritaan berdasarkan hasil pengamatan.
Indikator:
Menggambar komik bertema legenda/ cerita rakyat nusantara dengan proporsi, komposisi, dan unsur penceritaan.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi ketergantungan masyarakat kota terhadap masyarakat desa dan sebaliknya dengan kritis
Dengan menggali informasi dari berbagai sumber, siswa mampu menyebutkan bentuk ketergantungan masyarakat kota dan desa dengan mandiri
Dengan menggali informasi dari berbagai sumber, siswa mampu mengidentifikasi aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam bidang sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dengan cermat
Dengan melakukan wawancara kepada seseorang yang berumur ± 40-50 tahun, siswa mampu menggali informasi mengenai aktivitas penduduk zaman dulu dengan berani
Dengan menulis laporan wawancara, siswa dapat menceritakan aktivitas penduduk zaman dulu dengan mandiri
Dengan menggali informasi dari berbagai sumber, siswa mampu mendeskripsikan pengertian legenda dengan cermat
Dengan membuat gambar, siswa mampu menentukan salah satu adegan dalam legenda atau cerita rakyat dengan kreatif

D. MATERI PEMBELAJARAN
Mengamati gambar dan berdiskusi untuk mengidentifikasi ketergantungan masyarakat kota terhadap masyarakat desa dan sebaliknya
Mencari informasi dari berbagai sumber tentang bentuk ketergantungan masyarakat desa dan kota
Mencari informasi dari berbagai sumber tentang aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam bidang sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya
Melakukan wawancara (aktivitas penduduk zaman dulu) kepada seseorang yang berumur ± 40-50 tahun
Membuat dan menyampaikan laporan hasil wawancara tentang aktivitas penduduk zaman dulu
Mencari informasi dari berbagai sumber tentang legenda
Mengamati gambar komik mengenai legenda dan cerita rakyat
Membuat gambar yang berisi legenda atau cerita rakyat

E. PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Tubuh Manusia”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
15 menit
Inti Di awal pembelajaran, guru menstimulus rasa ingin tahu siswa dengan menanyakan, “Nasi yang kita makan berasal dari daerah mana?”; setelah itu mengajukan pertanyaan kembali, “Baju yang kita pakai berasal dari daerah mana?”
Guru juga bisa mengajukan berbagai pertanyaan lainnya mengenai kebutuhan masyarakat kota dan desa untuk memperkuat konsep masyarakat kota dan desa
Siswa mengamati gambar dan membaca teks yang berhubungan dengan aktivitas masyarakat kota dan desa (kegiatan membaca)
Siswa menggali informasi dari berbagai sumber tentang bentuk ketergantungan masyarakat kota dan desa
Informasi yang diperoleh dapat dituliskan pada kolom yang tersedia di buku siswa
Guru meminta perwakilan siswa untuk menyampaikan hasil kerjanya sementara yang lain mendengarkan dengan saksama dan memberi masukan 180 menit
Siswa menuliskan hasil wawancara dalam bentuk laporan tertulis pada kolom yang disediakan di buku siswa
Siswa memfokuskan laporan pada perubahan aktivitas manusia zaman dulu hingga sekarang
Guru dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling bertanya dan bertukar hasil laporan wawancara sehingga siswa mendapatkan informasi yang lebih lengkap (kegiatan menanya)
Siswa mengamati gambar komik tentang legenda dan cerita rakyat
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan stimulus untuk meningkatkan rasa ingin tahu. Pertanyaan tersebut misalnya: Adakah yang pernah mendengar cerita Malin Kundang? Cerita Timun Emas berasal dari daerah mana?
Guru membimbing siswa untuk memahami definisi legenda atau cerita rakyat
Siswa menggambar sebuah adegan dari legenda atau cerita rakyat pada kolom yang disediakan di buku siswa
Penutup Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

G. SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Guru & Buku Siswa Tema : Organ Tubuh Manusia dan Hewan Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Soal latihan berbentuk cerita, gambar aktivitas masyarakat kota dan desa, gambar komik mengenai legenda dan cerita rakyat.

H. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Rubrik Mencari Tahu
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan siswa tentang perubahan kehidupan manusia dalam bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya
Keterampilan siswa dalam menggali informasi dari berbagai sumber
Sikap kemandirian siswa

Aspek Baik Sekali Baik Cukup Perlu Bimbingan
4 3 2 1
Pengetahuan Siswa
memahami
konsep
perubahan
kehidupan
manusia
dalam
bidang sosial,
ekonomi,
pendidikan,
dan budaya Siswa hanya
memahami
salah satu
konsep perubahan
kehidupan
manusia
dalam
bidang sosial,
ekonomi,
pendidikan,
dan budaya Siswa hanya memahami salah satu konsep manusia perubahan kehidupan manusia dalam bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya, Membutuhkan sedikit bimbingan dari guru dalam pengerjaannya Siswa tidak memahami semua konsep tentang perubahan kehidupan manusia dalam bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya, Membutuhkan banyak bimbingan dalam pengerjaannya
Ketrampilan
siswa dalam
menggali
informasi Siswa menggali informasi dari 4 sumber berbeda Siswa
menggali
informasi
dari 3 sumber
berbeda Siswa menggali
Informasi dari 2 sumber berbeda Siswa menggali informasi hanya dari 1 sumber
Kemandirian
dan
manajemen
waktu
(attitude) Sangat mandiri
membaca teks
bahkan selesai sebelum waktunya Mandiri mengerjakan
tugas dan selesai tepat
waktu Sesekali perlu diingatkan
Untuk menyelesaikan tugas Tidak  menyelesaikan tugas tepat waktu
Rubrik Tugas Wawancara
Kompetensi yang dinilai:
Pengetahuan siswa tentang topik dan tujuan wawancara (perubahan aktivitas manusia pada zaman dulu hingga sekarang)
Keterampilan siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar selama wawancara
Keterampilan siswa dalam menyelenggarakan wawancara
Sikap kemandirian dan tanggung jawab siswa selama mengerjakan tugas

Aspek Baik Sekali Baik Cukup Perlu Bimbingan
4 3 2 1
Isi dan
Pengetahuan
Isi dan hasil
wawancara
sesuai dengan
topik yang
diberikan Wawancara dilakukan dengan sangat menarik dan sesuai topik dan tujuan yang diberikan, Menunjukkan penguasaan dan pemahaman pewawancara
atas materi
tugas yang
diberikan Wawancara
dilakukan
sesuai topik
dan tujuan
yang diberikan,
Menunjukkan
penguasaan
dan
pemahaman
pewawancara
atas
materi tugas
yang diberikan Sebagian besar wawancara dilakukan sesuai topik dan tujuan yang diberikan, Menunjukkan penguasaan dan pemahaman pewawancara atas materi tugas yang
diberikan Sebagian kecil wawancara dilakukan sesuai topik dan tujuan yang diberikan, Menunjukkan penguasaan dan pemahaman pewawancara atas materi
tugas yang
diberikan
Penggunaan
Bahasa Indonesia yang baik dan benar:
Bahasa Indonesia  yang
baik dan  benar digunakan dalam wawancara Bahasa
Indonesia yang
baik, benar
dan efektif
digunakan
dalam
keseluruhan
wawancara Bahasa
Indonesia
yang baik
dan benar
digunakan
dalam
keseluruhan
wawancara Bahasa
Indonesia
yang baik
dan benar
digunakan
dalam
sebagian
besar
wawancara Bahasa
Indonesia
yang baik
dan benar
digunakan
dalam
sebagian kecil
wawancara
Sikap:
Wawancara
dilakukan secara
mandiri, baik
dan benar serta
penuh tanggung
jawab atas
pemenuhan
tugas Wawancara
dilakukan
secara
mandiri, baik
dan benar
serta penuh
tanggung
jawab atas
pemenuhan
tugas Sebagian besar
Wawancara dilakukan secara mandiri, baik dan benar serta penuh tanggung
jawab atas
pemenuhan
tugas Setengah dari proses wawancara dilakukan secara mandiri, baik dan benar serta penuh Tanggung jawab atas pemenuhan tugas Sebagian kecil dari proses wawancara dilakukan secara mandiri, baik dan benar serta penuh tanggung jawab atas pemenuhan tugas
Keterampilan
wawancara:
Teknik dan
urutan
wawancara
yang dilakukan
menunjukkan
kemampuan
wawancara yang
baik Teknik dan urutan wawancara
dilakukan
dengan benar,

Pendekatan
sesuai dengan
situasi dan
kondisi
responden Teknik dan urutan wawancara dilakukan dengan benar,

Menunjukkan
penguasaan
dan keterampilan
wawancara yang dimiliki Sebagian
besar teknik
dan urutan
wawancara
dilakukan
dengan benar,

Menunjukkan penguasaan dan keterampilan wawancara
yang dimiliki Sebagian kecil teknik dan urutan wawancara dilakukan dengan benar,

Menunjukkan penguasaan dan keterampilan wawancara yang dimiliki

            Tapos,  12  Januari 2015

Mengetahui
Kepala Sekolah,



( SUKAMTI,M.Pd )
NIP: 195811101983052001 Guru Kelas V



( NURUL FATMA HUDHA,S.Pd SD )
NIP: 197110012005012011



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBELAJARAN MENDALAM DENGAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK FASE A (KELAS 1 DAN 2 )