contoh RPP kelas 5 kurtilas tema 1 sub tema 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan :  Sekolah Dasar
Sekolah :  SDN Cilagkap 3
Kelas :  5
Tema / Topik :  3.MANUSIA DAN LINGKUNGAN
Sub Tema :  5.Manusia dan Lingkungan
Minggu ke :  3
PB :  5 (IPA, PJOK, SBdP, Bhs Ind)
Semester :  1   (satu)
Alokasi Waktu :  1 Hari
Hari/Tanggal :   26 Agustus 2014


A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. KOMPETENSI DASAR

Bahasa Indonesia
3.4  Menggali informasi dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam Bahasa Indonesia lisan dan tertulis dengan memilah kosakata baku.
4.4 Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

IPA
3.4  Mengindentifikasi  perubahan yang terjadi di alam ,hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar.
4.7 Menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya  keseimbangan alam akibat ulah manusia ,serta memprediksi  apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak di atasi.

Seni, Budaya, dan Prakarya
3.1  Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa .Memahami prinsip-prinsip seni dalam berbagai karya seni rupa .
4.1 Menggambar ilustrasi dengan menerapkan proporsi dan komposisi.

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
3.3 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar  atletik  lompat, dan lempar melalui  permainan/ olahraga yang dimodifikasi dan atau tradisional
4.3 Mempraktikkan variasi dan  kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan bola besar dan atau olahraga tradisional

C. INDIKATOR

Bahasa Indonesia
1. Mendeskripsikan bencana yang terdapat pada syair
2. Membuat syair berdasarkan teks berita tentang bencan alam.

IPA
1.Mengenal perubahan –perubahan karena penggunaan sumber daya alam
2.Membuat laporan permasalahan yang terjadi akibat ketidakseimbangan alam karena kegiatan manusia.

Seni, Budaya, dan Prakarya
1. Memahami prinsip – prinsip seni dalam berbagai karya seni rupa
2. Menggambar  ilustrasi suasana lingkungan sekitar tentang kegiatan manusia sehari- hari dengan proposi dan komposisi yang baik.

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
1. Memperagakan gerak melompat ke depan
2. Memperagakan gerak melompat ke belakang
3. Memperagakan gerak melompat ke samping kanan/kiri
4. Memperagakan gerak melempar  bola ke sasaran

D. TUJUAN
1. Melalui Menceritakan isi pantun dan syair,siswa dapat mengetahui makna sebuah pantun secara logis.
2. Melalui bercerita siswa dapat mengetahui fungsi isi dan sampiran secara logis ,tepat dan percaya diri.
3. Melalui membaca teks bacaan ,siswa dapat mengetahui  cara menjaga kesehatan tubuh secara mandiri.
4. Melalui bercerita ,siswa dapat mendeskripsikan isi pantun /syair bertema dengan percaya diri.
5. Melalui penggalian informasi dari teks bacaan ,siswa dapat mengetahui cara menulis pantun/syair cermat dan teliti.
6. Melalui pengamatan ,siswa dapat mengetahui cara membuat gambar ilustrasi dengan kreatif.

E. MATERI

Bahasa Indonesia
1. Membaca dan mendengarkan dari sumber lain
2. Organ tubuh manusia dan fungsinya dan  bagaimana menjaga kesehatan
3. Sifat-sifat cahaya


Seni, Budaya, dan Prakarya
1. Gambar ilustrasi

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
1. Variasi dan kombinasi gerak dasar  atletik  lompat, dan lempar melalui  permainan/ olahraga yang dimodifikasi dan atau tradisional
2. Variasi dan  kombinasipola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak

F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Pengamatan,Membaca pemahaman,,diskusi,Tanya jawab


G. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi
Waktu
Pendahuluan 1. Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa ( absensi)
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk semangat.
Tepuk Semangat
Prok…prok
Ditarik tarik …ditarik tarik …
Semangatnya…yes
4. Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang peristiwa yang dialami siswa pagi ini.
5. Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran dan kesehatan tubuh
6. Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan  dan kegiatan yang akan dilakukan 10 menit
Inti 1. Siswa diminta untuk mengamati gambar pada buku siswa.
2. Guru bertanya kepada siswa tentang kegiatan olah raga yang disukai siswa.
3. Siswa diminta untuk mencermati bacaan pembuka pada buku siswa.( hal.150-151)
4. Siswa diminta mengemukakan  pendapatnya tentang tentang gambar yang ada pada teks bacaan.
5. Siswa diminta untuk mengamati gambar dan memahami teks keterangan gambar.
6. Siswa diminta mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan gambar pada teks bacaan.
7. Guru meminta salah satu siswa membantu memperagakan keterampilan bervariasi dan kombinasi dalam lari,yaitu lari tumit ke belakang dan lari tungkai disepakkan ke depan.
8. Siswa diminta mengamati gerakkan tersebut
9. Siswa diminta memperagakan gerak kombinasi bervariasi dan lari ,yaitu lari tumit ke belakang dan lari tungkai disepakkan ke depan.
10. Guru membagi siswa dalam dua kelompok.masing-masing kelompok berlatih kombinasi variasi dan lari dengan mengikuti lagu “Kelinciku”
11. Guru membimbing siswa agar kegiatan berjalan dengan tertib.
12. Sambil beristirahat guru bertanyajawab dengan siswa tentang pekerjaan masyarakat sekitar rumah dan sekolah yang berkaitan dengan lingkungan /alam.
13. Siswa diminta memilih salah satu tema gambar ilustrasi pada buku siswa halaman 151 dan membuat gambar ilustrasi
14. Guru mengamati proses siswa menggambar ilustrasi.
15. Guru memperlihatkan hasil karya siswa dan dibantu siswa menempelkannya pada papan display dan meminta siswa member pendapat tentang gambar temannya.
16. Siswa mendengarkan sebuah syair yang diperdengarkan oleh guru.
17. Siswa diminta membaca syair yang terdapat pada buku siswa halaman 152 dan mencari informasi dalam syair dan mendiskusikannya bersama teman sebangku.
18. Siswa membacakan syair secara bergantian di muka kelas berdasarkan pemahaman yang didapat setelah berdiskusi.
19. Siswa diajak menyanyikan lagu “Memandang alam”
20. Siswa diminta membaca dan mendiskusikannya secara berkelompok ( 5 oarng) bacaan pada buku siswa pada halaman 153,kemudian siswa diminta membuat syair tentang isi berita tersebut.
21. Siswa mengamati film pendek tentang manusia dan lingkungan.
22. Siswa menjawab pertanyaan tentang isi film pendek.
23. Siswa diminta menuliskan pendapatnya tentang peristiwa yang terjadi pada gambar buku siswa halaman 155 dan menjelaskan penyebab terjadinya kerusakan alam pada gambar.
24. Siswa diminta mengeluarkan surat kabar,majalah atau potongan gambar tentang kerusakan alam dan akibat yang ditimbulkan.
25. Siswa diminta menggunting gambar dan menempelkannya pada buku siswa  halaman 156 dan menuliskan laporan pengamatan gambar.
26. Beberapa siswa diminta membacakan hasil pengamatan gambar. 150 menit
Penilaian proses:
1. Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
2. Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
3. Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.

Kelompok  gambar  bencana alam
Gambar banjir
Gambar tanah longsor
Gambar kekeringan

Keterangan:
Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan peristiwa bencana alam yang terjadi di Indonesia yang diakibatkan oleh manusia yang terjadi di lingkungan sekitar



Penutup 26.   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari 15 menit
27. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
 28.  Melakukan penilaian hasil belajar
29.Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)

Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan


H. SUMBER DAN  MEDIA
1. Gambar bencana alam
2. Koran
3. Majalah
4. Film pendek  manusia dan lingkungan
5. Audio pembacaan syair


I. PENILAIAN
1. Unjuk kerja gerakan bervariasi dan lari
2. Penilaian produk gambar ilustrasi
3. Penilaian produk syair
4. Penilaian laporan pengamatan
5. Rubrik

Mengetahui
Kepala Sekolah,



( SUKAMTI,M.Pd )
NIP 195811101983052001 Tapos,27  Agustus 2014
 Guru Kelas V a



( NURUL FATMA HUDHA,S.Pd )
NIP 197110012005012011



LAMPIRAN 1
Gambar  lari





























LAMPIRAN 2
LEMBAR PENILAIAN UNJUK KERJA KOMBINASIDAN  VARIASI  LARI
NO NAMA SISWA ASPEK YANG DINILAI JUMLAH
SIKAP KEKOMPAKKAN KETEPATAN GERAKAN
1. SUTINAH
2. IDA
3. SUPRAPTININGSIH
4. VERA HARI
5. SITI SOLECHA
6. SITI
7



















LAMPIRAN   3

Buatlah sebuah gambat ilustrasi tentang kegiatan manusia yang berkaitan dengan lingkungan alam dengan proposi dan komposisi yang baik !
Nama : No.Absent :


























LAMPIRAN 4
LEMBAR PENILAIAN PRODUK GAMBAR ILUSTRASI
NO NAMA SISWA ASPEK YANG DINILAI JUMLAH
KERAPIHAN ORIGINALITAS PROPORSI GAMBAR KOMBINASI WARNA
1. SUTINAH
2. IDA
3. SUPRAPTININGSIH
4. VERA HARI
5. SITI SOLECHA
6. SITI
7



















LAMPIRAN 5
LEMBAR PENILAIAN PRODUK SYAIR
NO NAMA SISWA ASPEK YANG DINILAI JUMLAH
TATA BAHASA ORIGINALITAS ISI SYAIR
1. SUTINAH
2. IDA
3. SUPRAPTININGSIH
4. VERA HARI
5. SITI SOLECHA
6. SITI
7



















LAMPIRAN 6
LEMBAR PENILAIAN UNJUK KERJA  SYAIR
NO NAMA SISWA ASPEK YANG DINILAI JUMLAH
TATA BAHASA SIKAP KETERAMPILAN BERBICARA
1. SUTINAH
2. IDA
3. SUPRAPTININGSIH
4. VERA HARI
5. SITI SOLECHA
6. SITI
7



















LAMPIRAN 7
LEMBAR PENILAIAN  RUBRIK PENGAMATAN GAMBAR PERISTIWA ALAM
NO NAMA SISWA ASPEK YANG DINILAI JUMLAH
TATA BAHASA SIKAP KETERAMPILAN BERBICARA
1. SUTINAH
2. IDA
3. SUPRAPTININGSIH
4. VERA HARI
5. SITI SOLECHA
6. SITI
7



















LAMPIRAN 8
GAMBAR PERISTIWA BENCANA LAMA YANG DISEBABKAN PERILAKU MANUSIA
1.




2.


3.



4.


5.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBELAJARAN MENDALAM DENGAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK FASE A (KELAS 1 DAN 2 )