contoh kajian tema matematika kelas 1 kurikulum 2013
|
NO
|
TEMA
|
SUB TEMA
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
PEMBELAJARAN
|
|
1.
|
Diri Sendiri
|
Aku dan Teman Baru
|
3.1.
Mengenal bilangan asli sampai
99 dengan menggunakan
benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat
bermain
3.2.
Mengenal bangun datar dan
bangun ruang menggunakan
benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat
bermain
3.11.
Menentukan urutan berdasarkan
panjang pendeknya benda, tinggi
rendahnya tinggi badan, dan
urutan kelompok berdasarkan
jumlah anggotanya
4.5.
Membentuk dan menggambar
bangun baru dari bangunbangun
datar atau pola bangun
datar yang sudah ada
|
·
Menghitung banyak benda 1-5
·
Menunjukkan benda sesuai dengan bilangan yang
ditentukan
·
Mengidentifikasi
banyak benda
·
Menentukan
benda yang lebih
·
banyak
·
Menentukan
benda yang lebih
·
sedikit
·
Mengidentifikasi
bangun segi empat
·
Menggambar
dari bentuk segi empat
|
Pembelajaran 2
1. Guru menyampaikan bahwa
hari ini akan belajar
berhitung bersama teman.
2. Siswa mengamati gambar pada
buku siswa.
3. Siswa menghitung jumlah siswa
pada gambar.
4. Guru menanyakan berapa
banyak anak laki-laki dan
anak perempuan.
5. Siswa berlatih pada halaman
berikutnya.
6. Siswa menghitung jumlah
siswa di setiap ke lom-
poknya dan mewarnai kotak yang jumlah anaknya
lebih banyak.
7. Lalu siswa mengamati benda
di sekitar kelas dan
mencari benda yang banyak nya
sa ma dengan gambar
siswa yang ada di buku siswa.
8. Siswa menyampaikan hasil
pengamatan kepada temannya.
9. Siswa diminta membandingkan
dengan hasil pengamatan temannya. Adakah
kelompok lain yang mengamati benda yang sama?
10. Adakah kelompok yang mengamati benda yang sama, tapi jumlahnya
berbeda?
Sebutkan pengamatan siapa yang lebih banyak?
|
Komentar
Posting Komentar