contoh kajian tema matematika kelas 1 kurikulum 2013


NO
TEMA
SUB TEMA
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
PEMBELAJARAN
1.
Diri Sendiri
Aku dan Teman Baru


3.1.
Mengenal bilangan asli sampai
99 dengan menggunakan
benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat
bermain

3.2.
Mengenal bangun datar dan
bangun ruang menggunakan
benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat
bermain

3.11.
Menentukan urutan berdasarkan
panjang pendeknya benda, tinggi
rendahnya tinggi badan, dan
urutan kelompok berdasarkan
jumlah anggotanya

4.5.
 Membentuk dan menggambar
bangun baru dari bangunbangun
datar atau pola bangun
datar yang sudah ada
·         Menghitung banyak benda 1-5
·         Menunjukkan benda sesuai dengan bilangan yang ditentukan
·         Mengidentifikasi banyak benda
·         Menentukan benda yang lebih
·         banyak
·         Menentukan benda yang lebih
·         sedikit
·         Mengidentifikasi bangun segi empat
·         Menggambar dari bentuk segi empat
Pembelajaran 2
1.  Guru menyampaikan bahwa hari ini akan belajar
berhitung bersama teman.
2.  Siswa mengamati gambar pada buku siswa.
3.  Siswa menghitung jumlah siswa pada gambar.
4.  Guru menanyakan berapa banyak anak laki-laki dan
anak perempuan.
5.  Siswa berlatih pada halaman berikutnya.
6.  Siswa menghitung jumlah siswa di setiap ke  lom-
poknya dan mewarnai kotak yang jumlah anaknya
lebih banyak.
7.  Lalu siswa mengamati benda di sekitar kelas dan
mencari benda yang banyak  nya sa  ma dengan gambar
siswa yang ada di buku siswa.
8.  Siswa menyampaikan hasil pengamatan kepada temannya.
9.  Siswa diminta membandingkan dengan hasil pengamatan temannya. Adakah
kelompok lain yang mengamati benda yang sama?
10. Adakah kelompok yang mengamati benda yang sama, tapi jumlahnya berbeda?
Sebutkan pengamatan siapa yang lebih banyak?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBELAJARAN MENDALAM DENGAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK FASE A (KELAS 1 DAN 2 )